Jumat, 09 Januari 2015

Rip: Pdt. Marthen Sondakh

Majalengka- Kembali Pulang ke Rumah Bapa di Surga, seorang Hamba Tuhan Senior, sekaligus menjabat sebagai Penasehat aktiv Majelis Daerah Jawa Barat Gereja Pantekosta di Indonesia ( GPdI ) juga selaku Gembala Jemaat GPdI  Majalengka Pdt. Marthen Sondakh meninggal dalam usia 75 tahun pada Selasa 30 Desember 2014 Pukul.  22.30 Wib.

Menurut penuturan sang istri, Alm menghembuskan nafas terakhirnya saat dalam perjalanan pulang menuju  ke kediamannya  di Majalengka setelah menjalani perawatan kurang lebih satu minggu di salah satu Rumah sakt sewasta dikota Bandung , alm bersikeras  untuk pulang ke tempat pelayanan yang selama ini digembalakannya yaitu di GPdI Majalengka, sekalipun masih dalam kondisi fisik yang belum memungkinkan (lemah) untuk  meninggalkan Rumah sakit, Tuhan berkehendak lain ditengah perjalanan Alm dipanggil Tuhan.

Sontak kabar meninggalnya alm. Pdt. Sondakh menyebar tidak sedikit para Hamba Tuhan diwilayah IV  terkejut mendengar kabar duka ini, seakan tidak menyangka  dikarenakan beberapa waktu sebelumnya tepatnya tanggal 02 Desember 2014 alm masih sempat mengikuti Acara Natal regional 3 Md Jabar GPdI se wilayah IV dan V di GPdI Kandanghaur, alm juga saat itu mewakili Hamba Tuhan senior untuk menyalakan lilin Natal.

Suasana Malam Penghiburan
Kamis 01 Januari 2015 Pukul. 19.00 Wib dilaksanakan Ibadah penghiburan sekaligus penutupan peti Jenazah yang dipimpin oleh  Pdt. Yezia R Akay (Sekretaris Wilayah IV) penyampaian Firman Tuhan dibawakan oleh Pdt. Benny Wurarah ( Biro Pembangunan MD Jabar ) hadir  juga dalam acara tersebut Pdt. Julien Lontoh (Bendahara Wil IV) juga ada beberapa Hamba Tuhan yang hadir dan turut mempersembahkan pujian penghiburan, tampak suasana duka cita mengiringi saat peti jenazah akan ditutup, istri Alm, anak cucu menantu bahkan jemaat yang hadir tak kuasa menahan tangis satu persatu mereka memberikan penghormatan terakhir dengan menuangkan minyak kedalam peti  jenazah sesaat sebelum peti ditutup.

Penutupan Peti Jenazah
Jumat 02 Januari 2015 Pkl. 10.00 Wib dilaksanakan Upacara Pelepasan peti Jenazah dipimpin oleh Jajaran Majelis Daerah GPdI Jawa Barat, tampak hadir ketua MD Jabar Pdt. Je. Awondatu, Pdt. Marthen Schalwck ( Wakil ketua l ), Pdt. Anton Litha (Bendahara MD) Pdt. Lie-lie Fua Lontoh ( Wakl Bendahara), Pdt. Jefrry Palit (Biro Organisasi) Pdt. Edy Tampi ( Biro penggembalan)  Pengurus Majelis Wilayah IV Pdt. Yohanes Tamburian (Ketua Wilayah) dan Pdt. Yezia Akay.

Pujian Dari Hamba Tuhan yang Hadir
Pdt. Yohanes Tamburian memimpin pujian dalam ibadah pelepasan Jenazah Alm. Pdt. Marthen Sondakh, diselingi dengan persembahan pujian dari Jemaat, Hamba Tuhan, juga pujian dari Keluarga almarhum. Firman Tuhan dibawakan oleh ketua Majelis Daerah Jabar GPdI Pdt. Je. Awondatu terambil dalam Mazmur 39:5-6 "Ya TUHAN, beritahukanlah kepadaku ajalku, dan apa batas umurku, supaya aku mengetahui betapa fananya aku! Sungguh, hanya beberapa telempap saja Kautentukan umurku; bagi-Mu hidupku seperti sesuatu yang hampa. Ya, setiap manusia hanyalah kesia-siaan! S e la “  Awondatu mengkisahkan bahwa Almarhum adalah Generasi ke tiga sebagai pelayan di GPdI, setelah berperaktek di Blora Alm Sondakh kembali masuk sekolah alktab kelas dua di Beji dan selepas mengikuti pendidikan di sekolah alkitab almarhum berperaktek di Garut ditempat penggembalaan Alm. Pdt. Hendrik Mandagie, kemudian merintis di pengalengan dibawah inisiatif dari Pdt. Samuel  loing, dari pangalengan dimutasi ke pangandaran dibawah pimpinan Pdt. Rompas, dan dari pangandaran ke majalengka seluruh pelayanannya kurang lebih selama 49 tahun, dan  Majalengka adalah penggembalaan alm yang terlama 24 Tahun demikian dikisahkan sejarah pelayanan Alm,  lebih lanjut dikatakan oleh Je.  Awondatu  Alm. Sondakh sudah berhasil membangun dan mempertahankan pekerjaan Tuhan di GPdI Majalengka. Awondatu berpesan Jemaat jangan lupa akan jasa Alm Sondakh, dukung pekerjaan Tuhan di Majalengka.
Pdt. Je. Awondatu Menyampaikan Firman Tuhan
Setelah penyampaian Firman Tuhan langsung dadakan pelantikan Gembala Jemaat, menggantikan Alm. Pdt Marthen Sondakh yaitu Istri Almarhum dilantik oleh Majelis daerah GPdI Jabar sebagai Gembala Jemaat GPdI Majalengka mengantikan almarhum (suami). Sambutan Mewakili MD Jabar disampaikan oleh Pdt. Edy Tampi, mewakili Keluarga dan Jemaat oleh Pdt. Tampubolon ( Menantu ) pemnyampaian Riwayat singkat Alm oleh Ibu. Merry Pelealu (Anak angkat alm)
Suasana Pelantikan Isteri Alm

MD Jabar Melantik Gembala Baru
Ketua MD Jabar GPdI memberikan ucapan selamat
Tepat Pukul 12.00 Wib peti jenazah diberangkatkan dari GPdI Majalengka menuju ke tempat pemakaman dan seluruh prosesi acara pemakaman dipimpin Oleh Pdt. Jefrry Palit dan Pdt. Edy Tampi selaku pimpinan Majelis daerah GPdI Jawa Barat.