Jumat, 08 Mei 2015

Paskah Bersama Hamba Tuhan & Jemaat GPdI Jabar

Cianjur. Gedung Yayasan Kabar Baik ( YAKABA ) atau lebih dikenal Sekolah Alkitab Cianjur Jawa Barat, pagi itu Rabu, 29/04/2015, sekitar pukul 08.00 wib tampak ramai dengan kehadiran kendaraan roda dua maupun roda empat dipelataran parkir komplek SAC, rupanya pagi itu Majelis Daerah Jawa Barat GPdI mengadakan acara Ibadah “Paskah bersama Hamba Tuhan dan Jemaat GPdI Jawa Barat “, yang dihadiri oleh para Pendeta dan Jemaat dari Wilayah satu sampai dengan wilayah tujuh belas.
Tepat pukul 10.00.wib ibadah paskah dimulai diawali dengan kata sambutan dari Panitia Paskah Pdt. Ferdinand Rompas ( Wakil Bendahara 1 MD Jabar), memulai dengan salam Pantekosta 3x Ferdinand mengucapkan selamat datang kepada para undangan yaitu hamba Tuhan beserta jemaat yang hadir siang itu dan mengucapkan selamat paskah dan selamat beribadah tak lupa diakhir sambutan Ferdinan Rompas mengucapkan terima kasih pada Ketua Majelis daerah GPdI Jabar Pdt. Je. Awondatu yang telah merestui juga mendukung sehingga acara Paskah boleh berlangsung. 
Pujian dari Hamba Tuhan
Padus dari Kaum Wanita & Kineret GPdI Cianjur

Dilanjutkan dengan Puji-pujian yang  dipimpin oleh Pdm.Yemma Kastanya Assa sebagai worship leader, sementara team musik dari GPdI Kopo Permai Bandung, diiringi singer, Ava Rophe, Noswan Paat, Evi, Nining dan Franky Loing hamba Tuhan dari Wilayah Bandung, dengan penuh semangat para hamba Tuhan memuji Tuhan, hadiri kurang lebih  Tujuh ratus orang memenuhi Gedung Aula Sekolah Alkitab Cianjur, ibadah berlangsung tertib hadirat Tuhan terasa begitu kuat, mengalir saat Ibadah berlangsung, setiap Hamba Tuhan yang hadir diberikan kesempatan oleh pemimpin acara untuk bernyanyi bersama dimulai dari Wilayah I s/d V, VI s/d XI dan XII s/d XVII juga ada persembahan Paduan suara Pelwap GPdI Cianjur juga Paduan suara Kineret yang dipersembahkan oleh anak-anak dan Remaja dari GPdI Cianjur terakhir Paduan suara Siswa/i Sekolah Alkitab Cianjur, pujian yang dipersembahkan menambah meriah acara paskah GPdI se Jawa Barat, 
Pujian Kaum Wanita GPdI Cianjur
Padus Siswa/i SAC
Firman Tuhan dibawakan langsung oleh ketua Majelis Daerah GPdI Jawa Barat Pdt. JE. Awondatu, sesuai tema “Gereja Yang tak tergoyahkan” Ibrani 12:28. Firman Tuhan diambil dari kitab Amsal 16:4 “TUHAN membuat segala sesuatu untuk tujuannya masing-masing, bahkan orang fasik dibuat-Nya untuk hari malapetaka.” Awondatu menekankan bahwa segala sesuatu diciptakan itu untuk Tuhan, termasuk manusia diciptakan untuk Tuhan, lebihlanjut dikatakan dalam Wahyu 4:11 “Engkau telah menciptakan segala sesuatu” semua yang ada dibumi itu adalah ciptaan Tuhan dan bagi kesenanganNya Dia, suka-sukanya Dia, namun sekarang apa yang diciptakan Tuhan manusia suka tambah-tambah, Allah menciptakan Adam dan Hawa lebih jauh Awondatu mencontohkan namun sekarang manusia suka tambah-tambah adam (Laki-laki) dapat mencintai Edi (Homo) Hawa mencintai Nadin (Lesbi), manusia suka tambah-tambah demikan urainya, Pemimpin itu diciptakan oleh Tuhan tapi manusia suka tambah-tambah dengan Kampanye, manusia cenderung untuk berbuat dosa terus, dan semua Manusia telah berbuat dosa untuk itulah Yesus datang ke dalam dunia untuk menyelamatkan Manusia dengan cara Mati diSalib ( Paskah ), diakhir khotbahnya Awondatu berpesan kepada seluruh Hamba Tuhan dan jemaat  yang hadir  jadilah Jemaat dan Hamba Tuhan yang tak tergoyahkan agar dapat menuai Jiwa-jiwa.
Pdt. Je. Awondatu Menyampaikan Firman
Setelah Penyampaian Firman Tuhan, Majelis Daerah GPdI Jabar menyerahkan tanda kasih dari Hamba-hamba Tuhan Jawa Barat, untuk Sekolah Alkitab Cianjur (SAC) persembahan kasih sebesar    Rp. 25.000.000 diserahkan langsung oleh Bendahara Majelis Daerah GPdI  Jabar Pdt. Anton Litha, kepada Pdt. Je. Awondatu selaku Direktur Sac  pada kesempatan ini Pdt. Je. Awondatu sangat berterima kasih atas perhatian dan kepedulian Para Hamba Tuhan Jawa Barat, dan dana tersebut akan digunakan sepenuhnya untuk Oprasional Pendidikan Sekolah Alkitab Cianjur.
Penyerahan tanda Kasih Dari Hamba Tuhan Jawa Barat kepada Pimpinan SAC
Acara Ibadah Paskah Bersama Hamba Tuhan dan Jemaat juga dihadiri oleh Pembimas Kristen dari Departemen Agama Republik Indonesia Jawa Barat yaitu Minda Sirait memberikan kata sambutan Minda, menyampaikan bahwa tema yang diusung oleh panitia paskah GPdI Jawa Barat sangat tepat yaitu “Gereja Yang tak tergoyahkan” yang mana ditengah-tengah kita saat ini banyak Gereja-gereja di Jawa Barat yang mengalami penutupan walaupun sudah mamiliki ijin dan kita harus terus mendoakan agar kerukunan antar umat beragama dijawa barat ini dapat terjalin dengan harmonis juga biar Gereja yang alami penutupan supaya Iman Percayanya tak tergoyahkan, 
Sambutan Bimas Kristen Jawa Barat, Minda Sirait
lebih lanjut Minda juga menyampaikan pesan bahwa hubungan gereja dengan Departemen Agama harus terjalin dengan baik dan harmonis Pembimas berharap agar undang-undang yang baru nanti tentang keberagamaan tidak berpihak sebelah, dimana yang terjadi selama ini peraturan itu selalu menguntungkan satu pihak, Hal lainnya Minda Sirait menyampaikan juga bahwa keberadaan gereja di Jawa Barat harus memiliki surat Keterangan tanda lapor ke Bimas Kristen Jabar  karna ini adalah bagian hubungan yang harus tetap dijalin antara gereja dan pemerintah, poin berikutnya setiap Hamba Tuhan juga harus memiliki kartu pendeta yang dikeluarkan dari Dirjen pembimas kristen, kemudian pemerintah melalui bimas kristen juga akan memberikan tunjangan kepada hamba-hamba Tuhan sebagai penyuluh agama non PNS dimana kuotanya hanya ada delapan puluh orang, gereja juga akan mendapatkan bantuan alat musik organ jika ada yang mengajukannya. Demikianlah bentuk perhatian pemerintah kepada gereja, jelas Minda Sirait mengakhiri kata sambutannya.
Para Hamba Tuhan yang hadir
Para Pengisi Acara
Sambutan berikutnya mewakili Majelis Pusat dan juga Majelis Daerah Jawa Barat disampaikan oleh Pdt. Thomas Runkat: “ kiranya acara Paskah Hamba-hamba Tuhan ini lebih mengeratkan, menyatukan dalam hati dan pikiran kita tujuan sebagai Hamba-hamba Tuhan untuk pada sasaran seperti yang ada pada tema: “Gereja Yang tak tergoyahkan”, teruslah pandang dan berharap, dan sandar sepenuhnya kepada Tuhan dan oleh kekuatan Roh Kudus kita tidak akan tergoyahkan”, kemudian Pdt.Thomas Rungkat pun membakar kembali semangat hamba-hamba Tuhan Jawa Barat dalam melayani Tuhan, ia katakan: “sekali maju tetap maju, dan sekali Yesus tetap Yesus”.
Para Pemenang Doorprize
Acara selanjutnya dimeriahkan dengan adanya doorprize  yang dipandu oleh Pdt. Markus Sugiarto ( Biro Pertumbuhan Gereja) dimana Panitia menyediakan tiga belas buah Gitar akustik untuk Hamba-hamba Tuhan yang hadir dengan cara diundi.
Seluruh rangkaian acara Paskah Bersama Hamba Tuhan dan Jemaat GPdI Jabar ditutup dalam doa oleh Pdt. JAF Rorong. (Sumber Foto: Thian Rope & Yusak YA)



by: Yra