Senin, 02 Maret 2015

Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) MD Jabar GPdI 2015


Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia Jawa Barat ( MD GPdI Jabar ), mengadakan Musyawarah Kerja Daerah ( Mukerda ), bertempat di Harris Hotel and Convention, Festival CTLink, Jl Peta No. 241 Bandung.
MUKERDA diadakan sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun  sekali, yang waktunya ditetapkan oleh MD, dihadiri oleh Utusan MP, MD, MW, Utusan wadah Pelayanan Warga Jemaat tingkat daerah, Utusan lembaga pendidikan Alkitab, Badan lain di lingkungan GPdI serta undangan lainnya untuk, mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja Daerah dan Ketetapan/Keputusan MUSDA mengevaluasi pelaksanaan Ketetapan/Keputusan MUBES, MUKERNAS dan ketetapan MP di daerah, membahas laporan MW membahas usul peserta melantik Pendeta Muda, dan, menetapkan/memutuskan hal lain yang dianggap perlu. ( Sumber: Ad/Art GPdI
Panitia Mukerda
Untuk Melaksanakan Acara Mukerda GPdI Jabar, dibentuklah Panitia Pelaksana Mukerda yang diketuai oleh Pdt. Steve Kumendong (Biro Diakonia ) dilantik langsung oleh Ketua Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia Pdt. Je. Awondatu, di Cianjur pada tanggal 19 Januari 2015 dibawah arahan Pdt. Yohanes Limuria (Ketua 2 MD GPdI Jabar) yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pengarah Mukerda oleh MD Jabar GPdI. 
Ketua Panitia Pdt. Steve Kumendong (ke dua dari kiri)
Musyawarah kerja Daerah (Mukerda), berlangsung dari tanggal 25-27 Februari 2015 dengan tema “Kobarkan terus api pantekosta menuju kesempurnaan Gereja”  Sub Thema: “Yesus Kekuatanku” terambil dalam kitab, Zakaria 4:6. “Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam”
Daftar Ulang Peserta Mukerda
Hari Pertama
Setiap peserta yang terdiri dari penasehat Md, Anggota Md, Badan Md, litbang, Pengurus Majelis Wilayah 1 s/d 17 dan pengurus Komisi Daerah melakukan pendaftara disekretariat untuk mendapatkan akomodasi kamar hotel dan tanda peserta (name tag) dari Panitia Mukerda, setelah makan siang para peserta baru diperbolehkan Chek in kamar hotel dan persiapan untuk mengikuti acara pembukan Mukerda tepat pukul 15.00 wib yang dihadiri dan dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan Gong, oleh Ketua umum Majelis Pusat GPdI Pdt. Md Wakkary juga hadir Pdt. Adi Sujaka Sekretaris Umum (sekum) Majelis Pusat GPdI. Pdt. Wakkary dalam pesan Firman Tuhan dalam Ibadah Pembukaan mengambil ayat dari 2 Timotius 3:1-2 “ Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,”  dikatakan ada dua masalah yg krusial yang ada pada manusia yaitu Egoisentris dan menjadi hamba uang, Md Wakkary berpesan para pemimpin gereja harus punya kapasitas yang besar untuk Roh kudus Berkarya agar terhindar atau dapat mengatasi dari dua hal tersebut.
Pdt. MD. Wakkary Menyampaikan Firman Tuhan

Setelah penyampaian Firman Tuhan pada kesempatan yang sama Majelis Pusat Pdt. Md Wakkary dan Sekum Pdt. Adi Sujaka, melantik dan mendoakan Pdt. Willem Jefta Kastanya sebagai biro Multimedia Md Jabar GPdI, menggantikan Alm. Pdt. Sammy Palit. Pkl.18.30 wib dilanjutkan dengan Raapat paripurna 1 dengan agenda Pengesahan Acara & TaTib, Laporan MD dan Pengarahan Ketua MD Jabar dan pembagian Komisi  yang diwakilkan oleh Pdt. Marthen Schalwyk ( Wakil Ketua satu Md Jabar) sehubungan dengan terganggunya Kondisi kesehatan Ketua Majelis Daerah GPdI Jabar Pdt. Je. Awondatu yang sedang dirawat di Rumah sakit di Jakarta. Setelah makan malam seluruh peserta kembali memasuki ruangan hotel untuk mengikuti Ibadah KKR yang dihadiri oleh seluruh peserta panitia juga para Jemaat sekitar wilayah satu dan dua Bandung. Pujian dilayani oleh Ketua panitia Pdt. Steve Kumendong dan Firman Tuhan dilayani oleh Pdt. Max Wakkary. Pkl. 22.30 Seluruh peserta beristirahat dikamar masing-masing.
Paduan suara GPdI Kopo Permai
Vg Narwastu Bandung
Pelantikan Biro Multimedia MD Jabar
Pdt. Jeffta Kastanya (Biro Multimedia MD Jabar)
Peripurna
Hari kedua
Masuk hari kedua seluruh peserta Mukerda mengawali hari dengan doa pagi dikamar masing-masing, dilanjutkan dengan Ibadah pagi setelah sarapan, Firman Tuhan dilayani oleh Pdt. Adi Sujaka (Sekum MP GPdI) mengajak seluruh Hamba Tuhan untuk mengandalkan Tuhan dalam segala keadaan lebih lanjut diingatkan untuk berserah pada Pimpinan Tuhan jangan kuatir dan jangan takut dimanapun melayani Tuhan pasti Tuhan sertai dan bela demikian penyampaian Firman yg dibawakan Pdt. Adi Sujaka. 

Pdt. Samuel Zakka, kiri (BPK Majelis Pusat GPdI )
Setelah itu ada pengarahan dari Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK) dari Majelis Pusat disampaikan oleh Pdt. Samuel Zakka, memaparkan mengenai standard operating procedure (sop),  penata kelolaan keuangan GPdI. Selanjutnya Untuk pembahasan program kerja md Jabar disertai usulan-usulan untuk disahkan di paripurna maka dibentuklah 4 Komisi, Komisi A membidangi: Kesekretariatan dan Organisasi, penggembalaan dan hubungan external, badan hukum dengan peserta yang memilih komisi ini berjumlah 33 Orang, Komisi B membidangi: Keuangan, diakonia, pembangunan dan usaha dana jumlah anggota 35 orang, Komisi C: membidangi Pendidikan, penginjilan dan Multimedia dengan jumlah anggota 16 orang terakhir Komisi D membidangi: pertumbuhan gereja, pembinaan warga jemaat dan litbang jumlah anggota 17 Orang. Masing-masing komisi menggodok setiap permasalahan maupun saran-saran atau ide-ide setiap anggota untuk disahkan di paripurna dan menjadi keputusan Md Jabar GPdI dalam rapat Komisi yang berlangsung selama 4 Jam cukup menyita waktu dan menguras tenaga namun para peserta rapat komisi sangat antusias demi kemajuan dan perkembangan GPdI Jawa Barat. 

Rapat Komisi
Diparipurna masing-masing Komisi melaporkan hasil Rapat tiap komisi, untuk disahkan di Paripurna dimulai dari Komisi A s/d D ada koreksi juga ada perbaikan maupun dipending tidak semua yang diajukan diparipurna disahkan namun semua berjalan dengan aman terkendali tertib dan nama Tuhan dipermuliakan tentunya. Pukul. 21.30 wib seluruh peserta kembali kekamar masing-masing untuk beristirahat.

Hari ke tiga
Hari ke tiga (terakhir) diadakan Ibadah Penutupan Mukerda disertai Perjamuan Tuhan dan Pelantikan calon Pendeta Muda (Pdm) yang dilayani oleh Majelis Daerah Jawa Barat, ada 71 calon Pdm. Yang dilantik setelah sebelumnya mereka mengikuti ujian di kompleks sekolah alkitab Cianjur pada 12 Januari 2015 dan dinyatakan lulus oleh Biro Pertumbuhan Gereja Pdt. Markus Sugiarto dan Biro pendidikan Pdt. Herlina Budiawan Mth, 

Pdt. Adi Sijaka (Sekum MP GPdI ) Menyampaikan Firman Tuhan
Pelantikan Pendeta Muda

Pembagian Sk Pelantikan Pdm

setelah pelantikan Pdm langsung dibagikan surat keterangan telah dilantik pendeta muda, oleh Sekretaris Md Jabar Pdt. Lodewyk Saerang dan diserahkan langsung oleh wakil ketua satu MD Jabar Pdt. Marthen Schalwyk. 

M. Sirait ( Pembimas Kristen Jawa Barat )
Peserta Mukerda
Diakhir acara ada sambutan dari pembimas Krsiten Jawa Barat Melinda Sirait yang menutup secara resmi Mukerda GPdI Jabar. Tepat pkl. 12.00 wib seluruh peserta Mukerda Majelis Daerah Jawa Barat GPdI meninggalkan lokasi Mukerda dan kembali ke tempat pelayanan masing-masing.



by: Yra