Selasa, 28 Mei 2013

Seminar Sehari Pasutri, Jawa Barat

Seminar Pasutri Jabar GPdI
Cimahi, 28 Mei 2013. Bertempat di Wisma Shalom  Jl. Kol. Masturi 583 Cimahi-Jawa Barat, Komisi Pelwap dan Komisi Pelprip bergabung  menyelenggarakan Seminar sehari, Khusus Pasangan Suami Isteri yang bertemakan " Komunikasi dan manajemen Konflik " dengan menghadirkan Pembicara yang berkompeten dibidangnya yaitu Bpk. Pdt. Yos Hartono dari Jogyakarta dan Ibu. Lis, Begitu sapaan akrabnya, Beliau sebagai Hamba Tuhan dan juga sebagai Pengajar di dunia Pendidikan. Acara Seminar Pasutri ini  merupakan Prakarsa dari Biro Pemberdayaan Jemaat, Majelis Daerah Jawa Barat ( Pdt. Yan Rumbayan Sth ). Acara yang sangat dinantikan dan diharapkan terus berkelanjutan, sebagaimana harapan dan Tujuan acara ini diadakan,  yaitu untuk supaya hubungan pasutri Jawa Barat GPdI Khususnya, akan semakin diberkati dan menjadi berkat bagi keluarga, gereja dan masyarakat. 

Session 1 Dibawakan Oleh Ibu Lis : Pkl 10.00 -12.30 Wib.
Session satu
" Komunikasi adalah sangat Penting dalam suatu Rumah Tangga karna dalam rumah tangga pasti akan selalu ada konflik tidak mengenal itu orang berohani atau tidak. karna itu KASIH harus ada dalam rumah tangga. " 1 Korintus 9:24-27 Dalam menjalani Rumah Tangga itu sama seperti dalam suatu arena Pertandingan,  lebih lanjut Beliau menjelaskan ada 4 S untuk Memanaj atau mengatasi setiap Konflik yang ada dalam Rumah Tangga: 1. ay 24. " ..... karena itu larilah begitu rupa....." (Semangat) dalam menjarankan rumah tangga harus semangat jangan mudah menyerah.
2. ay 25 ".... menguasai dirinya dalam segala hal ( Skil ) kita harus pintar-pintar dalam menghadapi setiap perbedaan yang ada dalam rumah tangga
3. ay ay 26 ".....bukan petinju yang sembarangan memukul ....." (Sasaran) harus ada sasaran yang harus kita capai dalam membina rumah tangga.
4. ay 27  ( Simpatik ) menjadi teladan karna kita adalah injil yang terbuka yang dapat dibaca oleh semua orang. Diakhir Materi Beliau Menambahkan  dalam Mazmur 30:7-12 ada 3 musim dalam pasutri:

1. ay 7-8 Masa-masa bahagia
2. ay 9-10 Masa-masa kesukaran (konflik)
3. ay 11-12 Masa Pemulihan dari Tuhan.

Acara Seminar Pasutri ini dipandu Oleh Ibu. Yani Litha, Sekretaris KD Pelwap Jabar selesai session satu diselingi dengan Permainan yang mengedepankan Kerjasama, kecepatan, dan keterampilan Pasangan suami isteri dalam memasang dan menghias Pita pada Sumpit diikuti oleh semua pasutri yang hadir, membuat suasana  kembali mencair.

Pasutri, Pdt. JAF. Rorong ( Gembala GPdI Sukamandi )


Sesion 2 Oleh Pdt Yos Hartono Pkl 13.30-16.30. Wib

Session dua
" Pasutri adalah himpunan, unit satuan yang terdiri dari seorang pria sebagai suami dan seorang wanita sebagai istri. dengan mengacu pada bunyi FT  dua tiga orang berkumpul dalam namaKU maka Aku hadir disitu" beliau menjelaskan bahlwa dalam PASUTRI itu mencakup dua orang, kalau melibatkan Yesus didalamnya maka setiap konflik yang ada akan berubah menjadi sukacita. Beliau juga menjalaskan bahwa harus ada pijakan dasar yang tidak boleh tidak ada, bagi keutuhan PASUTRI:

1. Pasutri dibentuk oleh Allah Kej 2:24
2. Hubungan PASUTRI berdasar kasih Kristus  
   dan berpola pada hubungan Kristus dan  
   jemaat-Nya Efesus 5:22-27
3. Menerima keberadaan suami/istri sebagai dirinya sendiri kej 2:22-24
4. Menerima keberadaan suami/istri sebagai berkat yang baik dan diperkenan-Nya amsal 18:22
5. Menerima keberadaan suami/istri  sebagai daya dukung konstruktif bagi dirinya yang harus 
    disyukuri dan dihargai ams 31:10-31.
6. Menerima keberadaan suami/istri sebagai ibadah dan tanggung jawab Kolose 3:23-24.
7. Menerima keberadaan suami/istri sebagai mana adanya,  punya kekurangan dan kelebihan 
   1 Petrus 5:1-2.


 
Ketua KD Pelwap Jabar. Ibu. Ruth Runkat
Acara Khusus Seminar Pasutri ini mendapat Respon yang cukup baik hal itu terlihat dari Jumlah Peserta yang hadir Baik Hamba-Hamba Tuhan maupun Jemaat, dalam seminar ini yang berjumlah kurang lebih, 350 Peserta, dari 17 Wilayah yang ada di Jawa Barat. 

Pdt. Thomas. Runkat

Acara Seminar Sehari Pasutri Jawa Barat ditutup dengan Doa Berkat Oleh Bpk. Pdt. Thom Runkat. Gembala GPdI Kopo Bandung. by Yusak Y. Akaiy.