Senin, 27 Juli 2015

Liputan Youth Camp KD Pelpap Jabar

Bogor 24/6/15 Bertempat di padepokan voly sentul city-bogor Komisi Daerah Pemuda KD Pelpap) GPdI Jabar menggagas suatu event yang sudah ditunggu-tunggu oleh kalangan pemuda-pemudi GPdI JawaBarat yaitu Youth Camp 2015 & Youth Festival GPdI Jabar (yaitu ajang pencarian bakat yang dimiliki oleh putra-putri GPdI Jabar) , acara berlangsung selama 3hari 2malam dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang berkompeten di bidang anak muda yaitu Pdt.Nemo Bahari, Pdm. Helga Awondatu Bahari, Pdt. Lodewick Saerang, Pdt. JE Awondatu, dll.
Hari pertama dimulai dengan pendaftaran ulang dan pembagian kamar oleh panitia Youth camp yang diketuai oleh Pdt.Aldy Masie. Pukul 09.00 mulai terlihat para peserta mulai berdatangan dari berbagai daerah di jawa barat. Ternyata diluar dugaan para peserta yang datang melebihi target yang sudah ditetapkan oleh panitia sehingga panitia harus menyediakan tempat lain untuk menampung para peserta dengan mendirikan tenda-tenda karena kamar-kamar yang ada sudah terisi penuh oleh peserta termasuk kamar-kamar yang seharusnya di isi oleh panitia, tetapi oleh karena kebesaran hati para panitia akhirnya panita youth camp harus rela tidur di tenda-tenda.

Pemukulan drum sebagai tanda dibukanya acara
Pukul 16.00 acara ibadah pembukaan Youth Camp & Youth festival dibuka oleh Majelis Daerah Jawa Barat, dengan  mengangkat tema :  “ENDURANCE” acara pembukaan dibuka cukup meriah, dipandu oleh team pemuji dari GPdI pondok daud-pondok gede Bekasi, seluruh pemuda remaja bersukacata dalam memuji Tuhan, Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Yohanes Limuria selaku Ketua II  MD Jabar. 1 Samuel 14:6 adalah ayat pokok yang disampaikan kepada peserta youth camp dalam  ibadah pembukaan, dengan mengambil contoh kepahlawanan Yonatan yang selalu mengandalkan Tuhan diharapkan anak-anak muda GPdI jabar memiliki daya tahan dalam peperangan melawan kedagingan dan bujuk rayu duniawi yang dapat menghancurkan jiwa anak-anak muda.
Kemudian dalam acara pembukaan tersebut juga ketua panitia Youth Camp jabar 2015 yaitu Pdt.Aldy Masie memberikan kata sambutan, dalam sambutannya ia berharap lewat acara youth camp kali ini peserta mampu menghadapi dunia saat-saat ini dimana anak-anak muda hari-hari ini harus dan perlu memiliki daya tahan yang kuat didalam Tuhan untuk mempertahankan Iman. Lukas 21:19 “Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidup.” Dilanjutkan kata sambutan oleh Pdt. Herson selaku ketua KD Pemuda jawa barat, ia pun berpesan agar anak-anak muda memiliki jati diri yang kuat, yang tangguh dalam Iman kepada Tuhan, tidak mudah terpengaruh oleh arus dunia yang dapat menyeret nya keluar dari Iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Mewakili MD Jawabarat kata sambutan disampaikan oleh Pdt. Meidy Saerang. Sebagai tanda dimulainya acara Youth Camp Jabar 2015 maka Majelis Daerah GPdI Jabar memukul Gong yang telah disediakan oleh panitia, pemukulan Gong diwakili oleh Pdt. Yan Rumbayan sebagai Biro pembinaan Warga Jemaat (PWJ) yang menaungi KD Pemuda dan Pdt. DR. Karel Silitonga sebagai biro Hubungan eksternal MD GPdI Jabar.

Panitia dan peserta bersatu memuji Tuhan
Malam itu juga Youth Festival mulai dilombakan, tidak disangka-sangka ada begitu banyak pemuda-remaja GPdI yang memiliki talenta dalam olah Vocal, Bermain musik dan  menari, sehingga para juri yang dihadirkan pun merasa kagum atas bakat anak-anak muda GPdI Jawa Barat. Pdt. Rudi Timbong  dari jakarta dan Pdt. Ferry Togas Sekda KD Pelpap jabar yang didaulat untuk menjadi Juri dalam Youth Festival 2015.

Ketua Panitia YC: Pdm. Aldy M, Para Juara Vocal Youth Festival & Pdt. Hesron
Hari kedua peserta youtcamp semakin bersemangat untuk menghadiri setiap acara demi acara yang ada,  mereka dibakar dengan lawatan Roh Kudus dan Tuhan memakai setiap pembicara yang menyampaikan Firman Tuhan dengan urapan luar biasa sehingga ada begitu banyak anak-anak muda yang dilawat dan mendapatkan kekuatan rohani. Ketika panitia menantang pemuda pemudi untuk menerima Baptisan Air esok harinya disitu terdapat 38 orang yang mau menerima tantangan Baptisan Air mereka yang menyatakan diri di Baptis mengatakan bahwa hidup ini adalah Anugrah Tuhan oleh karena itu mereka tidak mau menyia-nyiakan Kasih Karunia yang sudah Tuhan berikan dalam hidup mereka, kemudian terdapat 10 orang yang rindu untuk menjadi Pelayan Tuhan dan mau Sekolah Alkitab, 30 orang yang bersedia menjalankan pelayanan Misi.

Pembicara: Pdt. Nemo Bahari
Pembicara: Pdt. Helga Awondatu
Disamping mendapat kan siraman rohani, disela-sela break pemuda-pemudi GPdI Jabar juga dapat memanfaatkan waktunya untuk saling berkenalan satu dengan yang lainnya tidak sedikit juga mereka bertukar nomer  hand phone untuk dapat memperluas pertemanan sesama pemuda-pemudi GPdI Jabar.
Dihari yang ke tiga adalah puncak dari keseluruhan acara Youth Camp dan Youth Festival 2015 tepat pukul 07.00wib acara Baptisan Air dilaksanakan , sebanyak 38 jiwa yang menyatakan diri untuk dibaptis mempersiapkan dirinya, Pdt. Yan Rumbayan selaku Biro PWJ MD Jabar memimpin acara baptisan  tersebut. Kemudian acara dilanjutkan dengan Pengumuman pemenang Youth Festival 2015, Untuk kategori Vocal dimenangkan oleh Sdri. Deby dari Karawang sebagai juara 1, dan  juara II oleh Vanesa dari GPdI Plered, Juara III dari GPdI Cianjur. Sedangkan untuk kategori Rebana dimenangkan oleh GPdI Rengas Dengklok. Untuk Pemenang lomba Vocal nanti akan mewakili Jawa barat dalam ajang Youth Festival Nasional yang akan diadakan di Medan.

Suasana Baptisan Air
Seluruh rangkaian acara Youth Camp dan Youth Festival 2015 akhirnya ditutup oleh Pdt. JE Awondatu selaku ketua MD GPdI Jabar. Dalam penyampaian Firman Tuhan Pdt.JE.Awondatu berpesan agar pemuda-pemudi GPdI memiliki ketahanan/daya tahan yang kuat didalam Tuhan, jangan mudah dikalahkan oleh tipu daya iblis dengan berbagai bujuk rayu nya, dan biarlah api yang sudah didapat selama ditempat ini akan terus menyala. Selesai Firman Tuhan dilanjutkan dengan perjamuan Kudus.
Seluruh panitia Youth Camp dan Youth Festival pun merasa sangat senang melihat pemuda-pemudi yang begitu luar biasa, semua jerih lelah panitia Youth Camp 2015  Jabar terbayar sudah dengan lawatan Allah atas pemuda-pemudi GPdI Jabar. ( Kiriman: Yusak Ya)