Kamis, 12 Februari 2015

Fortapnas KD dan KP Pelnap GPdI

Komisi Pusat Pelayanan Anak Pantekosta (KP Pelnap), mengadakan acara Forum tatap Muka Nasional (Fortapnas) yang dihadiri oleh para Pengurus harian Komisi Daerah Pelayanan Anak Pantekosta ( KD Pelnap ) se Indonesia bertempat di Twin Plaza Hotel, Jakarta dari tanggal 3-5 Februari 2015. Acara kali ini menurut Ketua Komisi Pusat Pelnap GPdI Pdt. Sherly Tololiu adalah kali yang kedua diadakan dimana sebelumnya pernah diadakan acara serupa bertempat di Wisma Agape Bogor Jawa Barat beberapa tahun silam, adapun tujuan dari terselenggaranya acara ini lebih lanjut Sherly mengungkapkan adalah untuk memperlengkapi pemahaman pentingnya memiliki karakter yang baik untuk mempersiapkan anak-anak GPdI menjadi suatu generasi yang kuat dalam iman, memiliki fondasi yang kokoh untuk menghadapi tantangan mereka diakhir Zaman ini dan menjadi “ God’s Super Star “ atau Bintangnya Tuhan.

Peserta Fortapnas
Acara Forum Tatap Muka Nasional kali ini dihadiri oleh sekitar 150 an peserta dan peninjau dari berbagai Propinsi se Indonesia diantaranya Bali, Ntb, Kalimantan, Sumatra, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi, Ambon bahkan ada juga peserta dari Papua, total ada 30 Propinsi yang mengutus Pengurus harian  Komisi Daerah Pelnap, demikian menurut Ketua Panitia Fortapnas Pdm. T. Elfanelry Parassa. Dalam sambutannya Elfanelry Berterima kasih kepada Majelis Pusat, Majelis Daerah, Komisi Daerah Pelnap seluruh Indonesia atas Dukungan serta kehadiran, dimana secara tidak langsung sudah turut mensukseskan Fortapnas Pelnap tahun 2015 ini, dan sebagai harapannya lebih lanjut dikatakan agar setiap Pelayan anak (Guru-guru Sekolah Minggu ) maupun anak yang dilayani dapat memantulkan Cahaya Kristus sebagai Bintangnya Tuhan, seperti tercatat dalam Kitab Suratan Filipi 2:15 demikian harapnya.

Pdt. Thomas Runkat Membuka Fortapnas
Dihari Pertama setiap peserta Fortapnas melakukan Pendaftaran ulang dan Chek In Hotel sekaligus mendapatkan buku acara, tanda pengenal (name tag) serta kupon makan selama mengikuti acara dari panitia, yang tampak sigap dalam melayani setiap Peserta. Sore harinya Pkl. 17.00 wib diadakan Ibadah Pembukaan, dihadiri oleh utusan Majelis Pusat GPdI Pdt. Thomas Runkat (Biro Pemberdayaan Warga Jemaat ), sekaligus membuka dan meresmikan kegiatan Fortapnas dengan ditandai dengan pemukulan Gong, dalam sambutannya Thomas Runkat menyampaikan salam dari Ketua Umum Majelis Pusat Pdt. MD. Wakkary untuk seluruh peserta Fortapnas, Pdt. Thomas juga berpesan agar selama mengikuti acara seluruh peserta dapat menjaga sikap dan prilaku agar berprilaku sebagai Pelayan Tuhan, dan harus semakin mengarah kepada Tuhan.
Dalam Ibadah pembukan Fortapnas  juga dimeriahkan dengan penampilan anak-anak Sekolah Minggu GPdI Kedoya dibawah asuhan Pdt. Aneke Sudarmawan mempersembahkan pujian sambil memainkan alat musik Angklung berjudul “Menikmati Yesus” yang dibawakan dengan suara merdu dan padu sangat memukau peserta yang hadir.

Persembahan Pujian dari Anak Sekolah Minggu GPdI Kedoya
Selesai Ibadah Pembukaan dilanjutkan dengan Session satu dengan Judul Materi “ Big Day For Kids “ disampaikan oleh Stars Station (SS) Team dari GPdI Lippo Cikarang. Dalam Sessi ini diajarkan bagaimana para Guru Sekolah Minggu dalam mengemas atau membuat acara kegiatan yang menarik buat anak, membuat kegiatan atau acara yang tidak monoton dan anak sangat antusias dalam setiap mengikuti kegiatan yang diadakan, peserta sangat diberkati lewat session ini dan ada banyak
mendapat masukan-masukan yang inovatif dan kreatif untuk dibagikan di daerahnya Masing-masing.

Team SS sedang menyampaikan Materi " Big Day "
Hari kedua: Rabu 04 Februari 2015, Seluruh Peserta Mengawali hari dengan Doa pagi di Ball room Hotel selama satu jam, setelah sarapan tepat Pukul. 08.00 wib diadakan Ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dihadiri Ketua satu Majelis Pusat GPdI Pdt. Je. Awondatu sekaligus pembicara, terambil dalam Kitab Keluaran 14:14 “ Tuhan akan berperang untu kamu dan kamu akan diam saja”  dikatakan bahwa Pelayanan Anak itu dimulai sejak Kanak-kanak sampai dengan Sekolah dasar, dan anak-anak itu dia akan belajar dari apa yang dia lihat karena itu Guru atau Pelayan anak harus dapat memberikan teladan kepada mereka kasih mereka makanan Rohani yang murni yaitu Firman Tuhan, lebih jauh dikatakan Anak-anak adalah calon penerus Gereja Tuhan, jangan sepelekan pelayanan Anak (Pelnap), Guru Sekolah minggu harus memiliki Moral yang benar jangan hidup dalam dosa demikian pesan yang disampaikan Pdt. Je. Awondatu Ketua satu Majelis Pusat GPdI.

Ketua satu MP Pdt. Je. Awondatu menyampaikan Firman Tuhan
Sesuai dengan Tema Komisi Pusat Pelnap Periode 2012-2017 “ God’s Super Star ” diambil dari Filipi 2:15  “supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia” dengan Visi: Membangun generasi yang memantulkan terang Kristus, Misi: Memaksimalkan pelayanan anak di gereja lokal agar terjadi pertumbuhan kualitas dan kuantitas, untuk itu Fortapnas dihari kedua KP Pelnap Pusat mengisi acara dengan Seminar sehari dengan Topik: “ Character First” Pembicara: Edy Hartono dari Jakarta, seminar sehari ini terbuka untuk Umum Khususnya bagi Guru-guru Sekolah Minggu atau yang terlibat dalam Pelayanan Anak, seminar terdiri dari  enam Session: 1. Mengapa Karakter  Diutamakan 2. Implementasi Kurikulum Character First   3. Membangun Karakter dengan Pujian 4. Teknik Bercerita 5. Teknik Memimpin Lagu 6. Koreksi Berdasar Pujian & Tanya Jawab. Banyak peserta yang hadir dari berbagai Kota seperti Jakarta, Bekasi dan Bandung seluruh peserta yang hadir diakhir Seminar mendapatkan Sertifikat dari Panitia.

Edy Hartono Pembicara "Character First"
Eddy Hartono adalah Direktur PT. Karakter prima Indonesia (KPI) yang bergerak dalam konsultan Bisnis & pendidikan ( Associate Trainer Character First! Usa) Edy Hartono juga adalah Ketua yayasan Bangun Karakter Bangsa Jakarta, yang melayani dalam bidang pelatihan karakter bagi anak-anak.
" Si Ongki " Pdt. Hardi Halim
Altar Call KKR

Pengurus KP Pelnap

Peserta Seminar
Pengurus KD Pelnap Jabar

Peserta
Media Peliput Fortapnas Kp dan Kd Pelnap
Hari ke tiga, dimana hari terakhir para peserta mengikuti Fortapnas tampak wajah-wajah yang masih tetap semangat dan antusias untuk mengikuti sisa acara yang akan mereka ikuti, Peserta dari Sulawesi tenggara Sdri. Sulastry mengungkapkan kesannya selama acara berlangsung dari awal mereka sangat diberkati dan banyak bekal ilmu dari acara Fortapnas ini yang akan mereka terapkan didaerahnya mereka berkata acara ini luar Biasa!!! Demikian ungkapnya, Juga Ketua KD pelnap Jawa Barat Pdt. Say Monang Gidion Pardede mengutarakan kesan-kesannya selama mengikuti acara Fortapnas dikatakan sangat Bagus acara ini sangat menginspirasi dan memotivasi para Guru-guru Sekolah Minggu, dan lewat acara ini juga lebih lanjut dikatakan bisa saling bersilahturahmi dan saling membagi ilmu, visi juga bermitra agar pelayanan pelnap di Indonesia bisa lebih baik dan berkembang lagi dikatakannya juga acara ini sangat positif.

Foto Bersama Peserta Fortapnas KP dan KD Pelnap GPdI
Tepat Pkl. 09.00 wib mereka mulai memasuki Ballroom Hotal Twin Plaza, dimana acaranya adalah Laporan Komisi Daerah se Indonesia yang berlangsung dua session dan tertutup, acara Fortapnas Kd & KP Pelnap GPdI,  diakhiri dengan Ibadah Penutupan yang dihadiri oleh utusan Majelis Pusat Pdt. Noch Mandey dari Surabaya. 

By: Yra