Sabtu, 25 Oktober 2014

Retreat GPdI “ Pelka “ Bandung

Gereja Pantekosta di Indonesia Jemaat Pelangi Kasih (GPdI Pelka Bandung) yang digembalakan oleh Pdt. Steve Kumendong, mengadakan kegiatan kebersaman atau biasa disebut dengan Istilah Reatreat pada tanggal 25-26 Oktober 2014 kegiatan ini merupakan program gereja guna meningkatkan persatuaan dan kebersamaan sebagai satu tubuh Kristus antar sesama anggota Jemaat baik dari usia Kanak-kanak, Dewasa maupun orang tua. Retreat tersebut dilaksanakan di Villa Fortuno, Jalan Salvia X 1 no 1-3, Komplek Villa Istana Bunga Lembang-Bandung. Retreat tahun 2014 ini mengangkat tema “Kebersamaan Ini Janganlah Cepat Berlalu” sebagai suatu doa agar seluruh jemaat GPdI Pelangi Kasih, terus memiliki kerinduan untuk bersama-sama melayani dan bertumbuh dalam Iman dan pengenalan akan Tuhan. Acara diikuti oleh 72 peserta mulai dari anak-anak Sabtu Ceria, kaum muda Youth Pelka hingga para orang tua sebagai jemaat. Berlangsung selama 2 hari 1 malam, panitia Retreat Richardo Somallinggi, mengkonsepkan acara yang cukup padat dengan para pembicara luar biasa di pakai Tuhan sesuai menurut bidangnya masing-masing, dibawakan dengan suasana yang santai ringan dan penuh keakraban satu sama lain.

Peserta Retreat
Retreat dikemas dalam empat sesi ibadah, dua sesi edukasi dan dua sesi keakraban. Hari pertama sesi pembuka Sabtu, 25 Oktober 2014 Pdt. Stenly Tuju membuka kegiatan Retreat dengan menyampaikan renungan Firman Tuhan, dikatakan “ jika kebersamaan ini kita harapkan untuk tidak berlalu, maka hal terpenting adalah mengerti akan kehendak Allah. Mengerti akan kehendak Allah karena gereja pada hakikatnya adalah Kristus, gereja adalah keluarga dan gereja adalah satu tubuh”. Jemaat GPdI Pelangi Kasih diingatakan bahwa sebagai anggota jemaat, mereka adalah kesatuan dalam Kristus. Firman yang disampaikan menjadi kekuatan dan semangat baru bagi jemaat untuk berpartisipasi dalam games-games keluarga yang di siapkan panitia setelah sesi pembukaan.

dr. Ani Setiasih
Masuk di Sessie ke dua diisi dengan seminar mengenai pentingnya menjaga Kesehatan, Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Seluruh jemaat GPdI Pelangi Kasihpun dibekali dengan pengetahuan baru mengenai dunia kesehatan, yang memberi wawasan luas bagi jemaat mengenai penyakit-penyakit kelamin oleh dr. Ani Setiasih dan mengenai penyakit kanker oleh dr.Hendrik Siahaan, Sp.B. Sesi ini diperuntukan bagi jemaat yang berusia 12 tahun keatas, pada waktu bersamaan untuk anak-anak Sabtu Ceria ( usia Balita ),  diberikan sesi Fun of Bible dari guru-gurunya.

dr. Hendrik Siahaan
Di akhir sesi ini, anak-anak Sabtu Ceria menciptakan beberapa kerajinan tangan  yang terbuat dari bahan flannel. Tepat pukul 14.45 sesi ke tiga dimulai, Roh Allah bekerja dalam puji-pujian yang semakin dasyat di pimpin Ibu Reni Ledoh. Istilah “Gereja bukan sekedar House tapi Gereja adalah Home” di pakai Andreas Lazuardi sebagai pembicara dalam sesi ini. Andreas Lazuardi adalah aktivis pelayan Tuhan yang sangat sukses dalam pelayanan maupun bisnis yang digelutinya, dikatakan Andreas Lazuardi bahwa “ suatu gereja harus punya kesatuan, sehingga bukan lagi Kemesraan ini janganlah cepat berlalu, melainkan Kemesraan ini tidak akan berlalu “.
Tidak ada yang dapat mencegah kuasa hadirat Tuhan yang bekerja lebihlanjut dikatakannya. Meskipun waktu sudah semakin larut, kerinduan jemaat akan firmanNya kembali sangat dirasakan. Sehingga selesai sesi ini, hanya di sela coffee break, sesi puncakpun dilaksanakan. Puji-pujian semakin semangat dinyanyikan, semua bernyanyi, melompat dan menyatakan bahwa Yesus adalah Raja. Dalam sesi inipun Bapak Andreas Lazuardi kembali menyingkapkan kebenaran Firman Tuhan dengan membuka rahasia urapan sukacita. Dalam urapan sukacita tersebut ada suatu “Power of Smileand “Power of Laugh”.Dua hal ini sangat sederhana, tapi punya kekuatan yang luar biasa untuk menghasilkan kebersamaan yang berkualitas. Jemaat merasakan menerima urapan sukacita tersebut, damai sejahtera yang dirasakan selesai dari sesi ini, bukan rasa lelah karena acara yang padat.
Andreas Lajuardi
Panitia menyediakan acara barbeque. yaitu membakar ubi dan jagung jemaat GPdI Pelangi Kasih dapat bebincang-bincang, tertawa dan foro bersama.Tepat pukul 22.00 WIB rangkaian untuk hari pertamapun selesai. 
Suasana Ibadah
Minggu, 26 November 2014, Hari kedua ini diawali dengan doa pagi bersama pukul 05.00. Pdt. Steve Kumendong selaku Gembala Jemaat memimpin doa pagi ini dan membagikan firmanNya. Setelah itu, seluruh jemaat olahraga pagi bersama. Ibadah Minggupun dimulai, ibu gembala GPdI Pelangi Kasih, dr. Ani Setiasih memimpin pujian dalam ibadah ini. Pujian “Jalan Serta Yesus” menjadi pujian yang sangat menghangatkan diantara jemaat, saling bergandengan dan tentunya menyuarakan kemuliaan Allah. Pdt. Ivan Limpele, Sth. memberi pesan dalam firmanNya yaitu bahwa jemaat sebagai “Unity” dapat menjadi satu alasan penting agar kebersamaan tidak akan pernah berlalu. Terlebih kebersamaan kita dengan Tuhan terlebih dahulu kita lakukan, maka kita akan terus senantiasa diingatkan akan kebersamaan anggota tubuh yang lain.

Pemenang Doorprize
Selesai ibadah minggu, dilanjutkan dengan acara puncak yaitu pemberian Hadiah-hadiah untuk pemenang lomba dan juga doorprize
 
by: Yra